Kamis, 15 Oktober 2015

BKJ FKM UJ


Bulan Kesehatan Jember merupakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun FKM Universitas Jember dan juga memperingati Hari Kesehatan Nasional

Tujuan dari kegiatan  ini adalah meningkatkan kesehatan masyarakat Jember baik secara jasmani, rohani, sosial, ekonomi, budaya untuk menunjang tercapainya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jember.
Kesehatan dan kesejahteraan merupakan impian dari setiap negara di seluruh dunia. Untuk mewujudkannya diperlukan suatu strategi yang efektif melalui pembenahan dan pembangunan di berbagai bidang diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.

Berdasarkan data Indeks Perkembangan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun 2010, Provinsi Jawa Timur berada pada peringkat 8 nasional dengan IPKM sebesar 0,407026. Hal ini berhubungan dengan proses KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) kesehatan yang kurang efektif, sehingga dalam konteks ini diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap kesehatan.

Upaya promotive dalam pembangungan nasional yaitu program promosi kesehatan sedangkan upaya preventive dengan melibatkan mahasiswa dan masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung perwujudan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Melihat kondisi ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat melalui Badan Eksekutif Mahasiswa bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat mengadakan program Bulan Kesehatan Jember (BKJ) sebagai wujud kepedulian dan aksi nyata mahasiswa dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. BKJ ini merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri atas  tujuh kegiatan besar diantaranya Dekan Cup Futsal Antar SMA se-Tapal Kuda, Choral Clinic se-Jawa Timur, Sekolah Kebencanaan, Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Essay Nasional, HUT ISMKMI, Lomba Mewarnai Kesehatan, Talkshow Islami Nasional, dan Peringatan Hari AIDS Sedunia. Oleh karena itu, Fakultas Kesehatan Masyarakat akan mengadakan serangkaian kegiatan Bulan Kesehatan Jember (BKJ) untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Kabupaten Jember tentang kesehatan. Sehingga dibutuhkan keterlibatan dan peran aktif mahasiswa dan masyarakat guna mendukung kesuksesan acara ini.

buat tau lebih, cek websitenya di : http://bulankesehatanjemberfkm.web.unej.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar